Cara Untuk Menjaga Kebugaran Tubuh Pada Saat Bulan Puasa

Chexing.net – Kewajiban dalam menjalankan ibadah puasa bagi umat islam memang tidak boleh ditinggalkan. Dengan menjalani ibadah puasa bukan berarti juga harus menghentikan segala ativitas yang sudah biasa dilakukan sehari-harinya.

Salah satunya yakni aktivitas untuk berolahraga tidak boleh ditinggalkan. Dengan melakukan olahraga seperti hari biasanya, juga akan meningkatkan kebugaran tubuh pada saat menjalani ibadah puasa.

Untuk waktu yang pas melakukan olahraga sangat dianjurkan pada saat dua jam sebelum ataupun setelah berbuka puasa. Hal tersebut dikatakan langsung oleh pakar Kedokteran Fisiologi dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan dan Keperawatan (FKKMK) UGM, Dr. Dr. Zaenal Muttaqien Sofri dalam talkshow Menjaga Kesehatan Optimal Selama dan Pasca Puasa, Kamis (31/5) di ruang Perpustakaan FKKMK.

Zaenal menyebutkan aktivitas fisik sangat dianjurkan selama berpuasa. Pasalnya tubuh memobilisasi seluruh cadangan makanan dalam tubuh untuk menghasilkan energi. “Tubuh memobiliasi seluruh cadangan makanan dengan membakar lemak,” katanya.

Ia menambahkan saat proses pembakaran lemak diperlukan jumlah air yang cukup sehingga disarankan agar lebih banyak mengkonsumsi air putih agar tidak terjadi dehidrasi. Apabila lemak kekurangan air sebagai sumber oksigen maka akan menyedot oksigen yang mengalir di otak sehingga menyebabkan seseorang akan nampak selalu lesu dan loyo bahkan bisa menyebabkan munculnya bau mulut. “Kenapa bau mulut? karena membakar lemak butuh air yang cukup, jika berkurang maka akan terjadi bau mulut,” paparnya.

Adapun jenis olahraga ringan yang sebaiknya dipilih saat masih menjalankan ibadah puasa adalah bersepeda santai, senam atau renang. “Sebab gerakannya ritmis dan terus menerus,” ujarnya.

Jika dilakukan secara rutin dan juga teratur, kegiatan aktivitas fisik selama buan puasa bisa menurunkan berat badan hingga 2-3 kilogram. Namun demikian, penurunan berat badan harus disertai dengan penjagaan pola makan yang teratur.

Ahli Gizi dari FKKMK UGM, Dian Caturini Sulistyoningrum, B.Sc., M.Sc., menuturkan menu yang baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa adalah kombinasi yoghurt dengan buah, atau roti dan telur atau mengkonsumsi tumis sayur. Ia menganjurkan agar menu lainnya yang dikonsumsi sebaiknya tidak mengandung kadar gula tinggi.

“Makanan tinggi gula sebaiknya dihindari karena nantinya kita akan cepat merasa lapar sebaliknya mengkonsumsi makanan yang lama bertahan di dalam tubuh,” paparnya.

Untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa, ia menganjurkan untuk mengkonsumsi air putih minimal 4 gelas sehari. “Dua gelas saat berbuka dan sisanya satu gelas sebelum atau sesudah tarawih dan satu gelas saat sahur,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *