Peranan penting Kulit Ditubuh Manusia Yang Begitu Besar

Chexing.net – Menjadi organ yang paling berperan penting dan juga menjadi tempat bagi organ-organ tubuh vital manusia yang tak terlihat. Begitu bisa terlihat dengan jelas secara nyata, keberadaan kulit tubuh ternyata menyimpan fakta yang mungkin tak terduga.

Dalam media gathering yang dilaksanakan hari Selasa (27/02/2018), Wardah sebagai brand kecantikan lokal Indonesia memberikan edukasi tentang kulit. Melalui campaign “Love Your Skin”, Wardah bersama dr. Nurdalilah, SPKK dan Yoga Trainer Lisanamuri mengajak wanita Indonesia untuk mengenal lebih dalam kulit yang mereka miliki.

Tahukah kalian jika berat kulit dalam satu tubuh manusia mencapai 3,6 kg. Jika dilihat dari rata-rata kulit manusia dewasa mempunyai luas permukaan kulit mencapai dua meter sampai dengan berat mencapai 3,6 kg. Selain itu kulit juga merupakan organ terbesar dalam tubuh manusia, penting menjaga kulit agar tetap sehat luar dalam. Dua hal penting yang harus dilakukan dalam menjaga kulit menurut dr. Nurdalilah, SpKK yaitu proses pembersihan dan perlindungan kulit dari sinar matahari.

Kulit menghasilkan 30.000 sel kulit mati setiap menitnya. Tak terbayangkan ada berapa banyak sel kulit mati yang ada di kulit kita. Setiap menitnya, ada 30.000 sel kulit mati yang muncul dan menyebar di seluruh tubuh. Tapi, dr. Nurdalilah, SpKK menyebutkan keberadaan sel kulit mati tersebut akan luruh sendirinya jika kita menghidrasi kulit dengan baik. Sebagian sel kulit mati memiliki fungsi proteksi untuk tubuh.

Kulit sehat berganti sel baru setiap 28 hari. Sel kulit mati akan tergantikan sel kulit baru dalam 28 hari. Namun, optimasinya pada setiap orang akan berbeda. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan beregenerasi dengan lebih optimal dibandingkan kulit yang dehidrasi. Untuk membantu proses ini, dr. Nurdalilah, SpKK menyarankan untuk melakukan eksfoliasi cukup satu minggu sekali saja dengan scrubbing atau masker.

Dari 95% Penyebab penuaan dini adalah Sinar UV. Paparan sinar matahari yang berlebihan jadi faktor utama penuaan dini pada kulit. Sinar UV akan mempengaruhi fungsi melanin yang menyebabkan warna kulit yang lebih cokelat bahkan menimbulkan bercak-bercak penuaan.

“Pemakaian suncreen sangat penting untuk proteksi kulit, pilih SPF sesuai aktifitasmu sehari-hari. Misalnya kalau aktifitas indoor, SPF 30 sudah cukup tapi kalau outdoor harus lebih dari itu,” ungkap dr. Nurdalilah SpKK.

Kulit berminyak memiliki 400 juta sel-sel mati. Kulit berminyak memiliki lebih banyak sel mati dibandingkan kulit normal. Kulit bermasalah karena berminyak, seperti berjerawat diperbolehkan untuk melakukan eksfoliasi lebih sering dibanding kulit normal. Tapi, tidak perlu berlebihan dan agresif. Jangan sering-sering menggunakan scrub karena bisa membuat iritasi. Proses eksfoliasi bisa dibantu oleh obat tertentu yang biasanya terkandung dalam krim malam. Butiran krim malam yang lembut lebih aman untuk kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *