Alasan Menumis Masakan Kurang Sehat

 

 

Chexing.net – Memasak sayuran dengan cara menumisnya memang terasa lebih lezat dan juga merupakan pilihan yang sehat. Tetapi ternyata cara memasak yang demikian dapat menjadikan kesehatan buruk.

Ketika menumis, partikel kecil yang kasat oleh mata kemudian menguap ke udara. Partikel yang disebut aerosol ultrafine ini dapat membahayakan tubuh ketika terhirup saat diudara. Hal tersebut ditemukan oleh para peneliti yang ada di Texas Tech University dan Utah State University.

Para peneliti mengkaji minyak yang dipanaskan pada penggorengan kemudian menulis reaksi yang terjadi ketika ditambahkan dengan air. Hasil penemuan menunjukan hal yang sangat dramatis karena air menghasilkan letupan lemak pada minyak yang menyebabkan tetsan minyak menguap ke udara.

Memasak ayam ataupun masakan Tiongkok yang dimasak dengan cara menumisnya maka berisiko tinggi terjadi letupan lemak. Hal tersebut karena daging unggas dan sayuran memiliki kandungan air yang tinggi, seperti melansir dari Brisbane Times, Selasa (21/11/2017).

“Sudah diketahui, kematian jutaan orang di seluruh dunia terjadi karena polusi udara di dalam ruangan. Namun, kami belum tahu, seberapa banyak dari mereka yang memasak di dapur dengan ventilasi buruk,” ungkap Jeremy Marston, asisten profesor di Texas Tech University.

Penelitian ini sangat signifikan dengan cara masak khas Tiongkok yang lebih sering masak dengan cara menumis, yakni ketika air dicampurkan pada masakan menghasilkan letupan minyak ke udara.

Kemudian, para peneliti berniat akan melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui berapa besar pengaruh aeroso; di dapur dengan polisu udara pada ruangan.

“Pada akhirnya, kami berharap penelitian jadi acuan untuk memperbaiki sistem ventilasi dapur, yang menghilangkan aerosol ultrafine ini,” ungkap Marston.

Penemuan pada penelitian tersebut dipresentasikan pada American Physical Society’s Division of Fluid Dynamics di Denver, Colorado.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *