Ini Alasan Gumpalan Darah Keluar Ketika Menstruasi

 

 

Chexing.net – Sebagai seorang wanita maka merupakan hal yang lumrah bila setiap bulannya mengeluarkan darah menstruasi, karena memang darah tersebut akan menyebabkan gangguan kesehatan bila tidak dikeluarkan secara teratur setiap bulannya. Tetapi pernahkah kalian mendapati gumpalan darah yang menempel pada pembalut ketika sedang menstruasi?

Seorang praktisi perawat serta anggota Dewan Asosiasi Kesehatan Seksual Amerika, Susan Wysocki mengungkapkan tubuh direkayasa dengan demikian apiknya sehingga darah dengan bantuan bahan kimia yang ada dalam tubuh dapat menggumpal, sehingga membuat manusia tidak akan mati kehabisan darah.

Gumpalan darah juga dapat dikarenakan tubuh melepaskan antiokoagulan atau zat yang mencegah pembekuan darah untuk menjaga darah menstruasi menggmpal ketika dikeluarkan. Tetapi ketika volume darah menstruasi sedang banyak serta dikeluarkan dengan cepat maka tidak seluruh selaput rahim dapat pecah pecah sehingga hal tersebut yang menyebabkan gumpalan darah luruh ketika sedang menstruasi.

Gumpalan darah tersebut biasanya berwarna merah gelap dan keluar ketika darah menstruasi sedang deras-derasnya keluar. Tetapi, tidak semua wanita merasakan gumpalan darah keluar ketika menstruasi. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor kondisi masing-masing individu.

Bila dilihat dari segi medis, gumpalan darah yang keluar ketika sedang menstruasi merupakan hal yang tidak berbahaya serta normal. Tetapi, dalam sejumlah kasus penggumpalan darah dapat menjadi masalah yang serius serta harus diwaspadai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *