Ini Alasan Makanan Berserat Dapat Cegah Gigi Berlubang

 

 

Chexing.net – Menurut seorang ahli gigi, drg. Ratu Mirah Afifah makanan yang banyak mengandung serat seperti sayuran dan buah-buahan bila rajin dikonsumsi maka akan membantu mencegah agar gigi tidak berlubang.

“Makanan yang berserat merangsang kelenjar ludah diproduksi lebih banyak yang bisa menetralkan derajat keasaman dalam mulut dan mencegah gigi berlubang,” kata drg. Ratu.

Dia juga mengatakan kelenjar ludah atau saliva akan dihasilkan lebih banyak bila gerakan mengunyah juga dilakukan lebih banyak. Kadar keasaman pada mulut dikarenakan oleh mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat dan gula apalagi yang memiliki tekstur lebih lengket. Tingkat keasaman pada mulut yang rendah atau kurang dari pH 5,5 maka akan merusak enamel gigi.

“Mengkonsumsi camilan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat dan gula, terutama yang lengket dapat menurunkan derajat keasaman mulut. Setelah konsumsi makanan yang manis, derajat keasaman mulut turun hingga di bawah pH kritis 5,5 dalam hitungan menit, dan tetap rendah hingga satu jam,” ungkap drg. Ratu.

Apabila keadaan tersebut terus-menerus terjadi atau lebih sering mengkonsumsi makanan yang lengket, maka akan membuat mineral pada gigi pun hilang serta menyebabkan gigi berlubang.

Untuk membantu menetralkan keasaman mulut, drg. Ratu menyarankan supaya memakan makanan ringan supaya menstimulasi produksi kelenjar ludah atau saliva.

“Yang disarankan yang berserat karena makan buah sayur sangat merangsang kelenjar air ludah hingga derajat keasaman menjadi netral,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *