Benarkah Tekanan Darah Rendah Harus Makan Daging Kambing ?

 

 

Chexing.net – Moment lebaran Idhul Adha merupakan waktu yang tepat untuk mengeluarkan keinginan untuk memakan daging kambing ataupun daging sapi sepuasnya. apalagi bagi mereka yang memiliki kondisi tekanan darah rendah. Banyak orang yang menilai mengkonsumsi daging dapat meningkatkan tensi darah menjadi normal sehingga tidak merasakan pusing lagi.

Division of Gastroenterology, Department of Internal Medicine, Faculty of Medicine, University of Indonesia/Cipto Mangunkusumo Hospital, Dokter Ari Fahrial Syam MD, PhD, FACP membenarkan bahwa dengan mengkonsumsi daging kambing dapat meningkatkan tekanan darah merupakan mitos di kalangan masyarakat yang kerap di dengar.

Sebaiknya perlu diketahui terlebih dulu apa penyebab dari tekanan darah tersebut. Terdapat beberapa kasus, orang yang memiliki tekanan darah rendah atau hipotensi memilih untuk mengkonsumsi daging kambing supaya tekanan darah dapat meningkat dan itu merupakan hal yang wajar.

Tetapi ada pula kaus yang mengalami tekanan darah rendah dikarenakan gangguan pada jantung, bisa jadi mengalami kelainan katup atau serangan jantung bahkan hingga gagal jantung.

Dan bagi orang yang mengalami tekanan darah yang disebabkan hal tersebut, sebaiknya lebih memperhatikan bila mengkonsumsi daging kambing. Jangan terlalu berlebihan karena dapat membahayakan diri sendiri.

“Kalau tensi rendah karena gangguan jantung kemudian makan daging kambing justru akan fatal dan memperburuk keadaan,” ungkap Ari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *