Jangan Langsung Minum Air Es Setelah Makan

 

 

Chexing.net – Ketika mengkonsumsi makanan yang pedas atau setelah berada di tengah lapangan yang terik tentu saja kebanyakan orang memilih untuk melegakan tenggorokan dengan meminum air es atau minuman dingin. Tetapi, kalian perlu tahu bahwa tidak diperbolehkan untuk langsung meminum habis air dingin atau air es tersebut. Hal tersebut karena dapat mengganggu detak jantung.

Dikutip dari The Health Site, dlam penjelasan studi ilmiah yang berjudul: The Effect of Ice Water Ingestion on Autonomic Modulation in Healthy Subjects, milik Institute of Traditional Medicine, National Yang-Ming University School of Medicine, Taipei, Taiwan menjelaskan mengenai bahaya mengkonsumsi air es secara langsung ketika habis terkena terik matahari.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa mengkonsumsi air es dapat menstimulasi saraf vagus. Saraf ini merupakan saraf kranial kesepuluh yang menjadi salah satu bagian penting sistem saraf otonom tubuh dalam menyetir tindakan tubuh dengan tidak disengaja.

Ketika air yang memiliki suhu rendah masuk pada tubuh maka akan langsung berdampak pada saraf vagus. Peneliti mengungkapkan suhu air es akan membuat saraf tersebut tidak berjalan dengan normal dan merangsang ke saraf lain yang menyebabkan menurunkan denyut turun.

Tidak hanya itu, peneliti juga mengungkap adanya efek mengkonsumsi es dapat menghambat proses pencernaan dalam tubuh karena mengganggu pembuluh darah sehingga menyempit. Kondisi tersebut dapat menyebabkan proses pencernaan makanan tidak dicerna dengan benar. Maka sebaiknya disarankan untuk tidak langsung mengkonsumsi es ketika habis makan dan terpapar terik matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *