Berpuasa Dapat Meningkatkan Kesehatan

 

Chexing.net – Melakukan ibadah puasa merupakan kewajiban bagi seorang umat islam yang beriman. Tidak hanya untuk melaksanakan kewajiban tetapi ini juga memberikan dampak yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Melaksanakan puasa merupakan kesempatan untuk hidup lebih sehat karena dengan melaksanakan ibadah puasa akan membuat seseorang untuk mulai berhenti merokok dan melakukan pola hidup yang teratur.

“Kesempatan untuk berhenti merokok, dari sahur sampai magrib tidak merokok kan. Kalaupun setelah berbuka puasa merokok, tidak mungkin misalnya sampai 3 bungkus dari magrib sampai sahur lagi. Jadi, minimal merokoknya berkurang,” kata dr Ari Fahrial Syam MD, PhD, FACP yang merupakan wakil ketua Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (Papdi).

Seseorang yang berpuasa akan lebih teratur pola makannya. Mereka akan dibiasakan untuk berbuka puasa dan bersahur pada waktu yang telah ditentukan. Mereka juga akan lebih memilih makanan yang manis disaat berpuasa dari pada memilih gorengan yang sejatinya kurang baik untuk kesehatan.

“Mungkin tetap ada, tetapi bukan pilihan pertama saat berbuka puasa, tapi biasanya makanan-makanan manis,” kata dr. Ari

Selain dari sisi kesehatan jasmani dengan pola makan yang baik, dengan menjalankan ibadah puasa juga dapat meningkatkan kesehatan rohani. Orang yang melakukan puasa akan terkendali dari emosi dan lebih bisa mengatur suasana hati supaya tetap tenang.

“Dengan meningkatkan ibadah selama puasa, stres menjadi terkelola, sehingga tensi (tekanan darah-red) tetap terjaga,” kata dr. Ari menambahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *